Menu Close

Terpuruknya Perkembangan Industri Otomotif Dalam Masa Pandemi

Ngakl hanya pelaku, peran pemerintah pun dibutuhkan untuk menghadapi tantangan-tantangan industri otomotif nasional di kancah international tersebut. Dalam konteks ini, pemerintah berkewajiban untuk memastikan iklim dan lingkungan usaha manufaktur berjalan kondusif. Meski tampak menjanjikan, industri otomotif lokal dalam banyak sesuatu sebenarnya masih hadapi berbagai macam tantangan. Berbagai tantangan itu dapat dirangkum ke dalam setidaknya dua persoalan besar. Pertama, kurang berkembangnya industri komponen domestik dalam mengakibatkan proses manufaktur otomotif masih bergantung pada komponen impor. Ketidaktersediaan komponen domestik yang memadai membikin pabrikan otomotif menyandarkan pasokan dari luar negeri.

JAKARTA, KOMPAS. possuindo – Kementerian Perindustrian meyakini industri serta bisnis otomotif lokal akan menunjukkan geliat yang cukup atraktif saat era kenormalan baru atau brand-new normal di dalam pandemi virus reino (Covid-19) resmi diberlakukan. Dengan menilai merek dan tipe mobil baru yang log in ke Indonesia beserta teknologinya yang patut canggih, dunia otomotif Indonesia dapat diistilahkan memiliki prospek dalam cukup bagus nantinya. Maraknya pasar jua ditandai dengan pertambahan volume impor, seperti 32. 678 product, 76. 520 device, 76. 173 product, dan 125. 873 unit. Pemerintah meluncurkan Perpres No 28 tentang kebijakan industri nasional yang pada dalamnya berisi kebijakan industri kendaraan bermotor. Pembebasan pajak barang mewah untuk mobil dengan kandungan lokal sedikitnya 60% menarik industri untuk melakukan investasi pabrik baru, seperti pabrik mesin dan casting, oleh hasil berupa produk setengah jadi.

“Sekarang penurunan daya beli penduduk jauh sekali. Jamaah jadi berfikir dua kali buat tumbas produk otomotif seperti mobil kan. Jadi pada 2021 nanti masih stagnan untuk industri otomotif ini, ” ujar rato saat dihubungi Merdeka. com, Rabu (11/11/2020). Pengamat transportasi senior citizen sekaligus Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Philippines Djoko Setijowarno menilai kinerja industri otomotif masih stagnan hingga tahun depan. Operasi industri otomotif dapat terhenti jika pemasaran dan produksi bukan kembali normal.

Merujuk pada kriteria Bank Negara, kelas menengah adalah kelompok masyarakat oleh pengeluaran per hari antara 2 hingga 20 dolar Amerika Serikat. Keberadaan kelas menengah dianggap penting dalam pertumbuhan redovisning lantaran merupakan elemen utama penggerak roda produksi dan konsumsi. Pada catatan 2020, total penjualan Porsche untuk pasar global mencapai 272. 162 unit. 88. 968 unit terjual pada China, sementara Eropa tipis di bawahnya dengan 80. 892 unit disusul Amerika Serikat 57. 294 unit. Audi, Mercedes dan BMW sudah memutuskan untuk membangun pabrik di The far east karena tergiur pertumbuhan penjualan mobil dalam sana.

Menurutnya, produsen kendaraan sanggup melakukan ekspor waktu ada investasi dalam menggerakkan industri hingga menghasilkan produk yang berdaya saing. “Kemarin sudah ada ekspor dari Toyota, Suzuki, dan Yamaha Engine. Semua itu kan investasi dulu anyar ekspor. Karena kapasitasnya rata-rata sudah optimum, ” ujarnya. Dalam Januari-Oktober 2018, industri otomotif di Philippines mengekspor kendaraan roda dua dengan total nilai sebesar USD1, 3 miliar. Sementara terkait industri otomotif, Airlangga menyatakan pemerintah terus merancang kebijakan pemberian insentif fiskal yang lebih luar biasa untuk menggairahkan iklim usaha. “Misalnya, untuk industri otomotif, kami mengusulkan harmonisasi contrat dan revisi besaran PPnBM, ” ujarnya. Penjualan ritel sarana MPV masih menyumbang pangsa pasar terbesar dengan persentase sekitar 35% diikuti segmen sport utility automobile 14%. Di samping itu ada segmen kendaraan truk komersial dan pick-up dalam terus menggeliat sepanjang 2018 dengan kontribusinya sekitar 10% -12% seiring pembangunan unterbau.

perkembangan bisnis otomotif di indonesia

Angka penjualan sempat melonjak hingga 208. 000 unit dalam 1981, penjualan tahunan turun lagi hingga 150. 000 untuk 170. 000 pada tahun-tahun berikutnya. Pabrik yang menghasilkan komponen seperti radiator, knalpot, per peredam, velg, jok dan insides, kabel, gasket komponen berbahan karet dan jigs makin bertumbuh di Tanah Air flow. Selain untuk menyuplai industri, komponen-komponen di sini. juga untuk spare parts atau layanan purnajual. Pasar mobil nasional juga mulai merambat naik sebanyak 72. 000 unit pada 1976 lalu 103. 000 device pada 1979.

Pemerintah mengganti “Program Penanggalan Komponen” dengan “Program Insentif”, yang juga akrab disebut “Paket Kebijakan Otomotif 1993”. Industri kendaraan bermotor bisa menentukan komponen untuk diproduksi sendiri, dan untuk itu mereka mendapatkan pemotongan pajak impor, malahan penghapusan sama 1x, tergantung seberapa tidak sedikit kandungan lokal di mobil yang diproduksinya.

“Pernyataan Presiden Jokowi bahwa sekalipun Covid-19 ada, tapi pembangunan infrastruktur tetap jalan, ini merupakan sinyal bagus dari pemerintah untuk industri otomotif nasional, ” katanya. REPUBLIKA. CO. IDENTIFICATION, JAKARTA — Industri otomotif nasional di masa pandemi Covid-19 dinilai masih tentu prospektif. Ini terlihat dari menggeliatnya kembali volume penjualan, pembangunan infrastruktur, yang tetap dilakukan, dan tena tingginya kapasitas produksi dengan didukung populasi kelas menengah. Pemerintah mendukung pengembangan industri tersebut termasuk perdagangan dalam negeri serta ekspor, ” katanya.